Loading...

Monorel

View image | gettyimages.com Monorel atau Monorail adalah sebuah rel kereta yang terdiri dari rel tunggal. Diambil dari kata Mono yang ber...


Monorel atau Monorail adalah sebuah rel kereta yang terdiri dari rel tunggal. Diambil dari kata Mono yang berarti satu atau tunggal, dan kata Rel yang berarti sebuah jalur. Dalam catatan sejarah, Monorel pertama dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh seorang penemu bernama Ivan Elmanov, namun pada saat itu masih dalam bentuk prototipe. Jalur monorail itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, jenis pertama adalah straddle-beam dimana kereta berjalan diatas rel, dan tipe yang kedua adalah suspended dimana kereta berada dibawah rel alias menggantung. Kereta pada monorail biasanya berjalan diatas rel yang terbuat dari beton, dan rodanya terbuat dari karet.



Monorail memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kereta api pada umumnya. Monorail tidak menimbulkan kebisingan karena yang telah disebutkan tadi, ban kereta monorail terbuat dari karet. Ruang yang dipakai monorail hanya membutuhkan ruang yang kecil baik horizontal maupun vertikal karena monorail dibuat diudara hanya memerlukan ruang untuk tiang penyangga. Lebih aman, resiko untuk terguling dan resiko menabrak pejalan kaki sangatlah minim. Dan dana untuk pembangunan serta perawatan Monorail lebih murah dibandingkan dengan kereta api. Namun, pastinya Monorail juga memiliki kekurangan, dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.

Monorail sendiri belum banyak diterapkan oleh negara-negara di dunia, hanya beberapa negara saja yang sudah memiliki monorail sisanya masih dalam pembangunan, dan masih banyak juga yang belum memiliki rencana untuk membangun monorail. Jepang bersama Malaysia, China, Singapura, Korea Selatan adalah negara-negara Asia yang telah menerapkan monorail, sedangkan di Benua Eropa dan Amerika baru Belgia, Inggris, Italia, Jerman, Amerika, Rusia, dan Irlandia yang menerapkan.

Indonesia juga tak mau kalah dengan negara-negara yang lain. Batam dan Jakarta juga berencana untuk membangun monorail. Di Jakarta sendiri Monorail sudah mulai dibangun sejak masa gubernur Sutiyoso namun walau sudah melewati masa kepemimpinan gubernur Fauzi Bowo, Joko Widodo dan sekarang Ahok, pembangungan ini belum juga rampung akibat masalah dana. Tiang-tiang monorail yang disiapkan untuk menopang rel kereta justru disulap menjadi sebuah jasa iklan akibat pembangunan yang tak kunjung rampung.



Sumber: Wikipedia, VIVANews

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

ADS

Popular Posts

Labels

Random Posts